Apapun tugas hidup Anda, lakukan dengan baik. Seseorang semestinya melakukan pekerjaannya sedemikian baik sehingga mereka yang masih hidup, yang sudah mati, dan yang belum lahir tidak mampu melakukannya lebih baik.

Jika Anda ingin menjadi entrepreneur, pastikan tujuan Anda adalah bebas melakukan sesuatu dengan baik. Meninggalkan jejak langkah, dan memastikan Anda memberikan kebebasan kepada para pegawai untuk membuat kontribusi, mendapatkan penghargaan, bahkan membuat kesalahan.

Semua yang Anda impikan, Anda inginkan dan Anda harapkan, akan dapat Anda raih jika Anda memiliki kekuatan untuk bertahan, jika Anda dapat tetap terfokus pada tujuan Anda dengan intensitas yang cukup dan dengan satu tujuan.

Yang paling utama untuk dilakukan adalah menentukan tujuan. Pelatihan adalah pemborosan waktu jika Anda tidak mempunyai tujuan.

Tujuan kehidupan, pada akhirnya, adalah untuk dinikmati, untuk mencicipi pengalaman yang paling hebat, untuk meraih pengalaman-pengalaman baru dan lebih kaya dengan penuh semangat serta tanpa takut.

Tujuan kehidupan memberikan sumber energi yang memberi kekuatan dalam kehidupan kita. Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan energi yang kita miliki itu adalah dengan memfokuskannya. Itulah peranan tujuan kehidupan bagi kita; maka konsentrasikan energi kita.

Tujuan hidup yang tidak tercapai bukanlah tragedi kehidupan. Yang menjadi tragedi kehidupan adalah orang yang tidak mempunyai tujuan hidup.

Tidak seharusnya kita mencari arti kehidupan yang abstrak. Setiap orang memiliki panggilan atau misi khusus dalam kehidupan untuk melaksanakan suatu tugas konkrit yang menuntut suatu pemenuhan. Manusia itu tidak dapat digantikan manusia lainnya, dan kehidupannya tidak dapat diulang. Sebab, tujuan kehidupan setiap manusia itu unik, seperti halnya kesempatan khusus untuk menerapkannya.

Tak memiliki tujuan lebih menakutkan ketimbang tak mencapai tujuan.

Suatu tujuan belum tentu menjadi tujuan apabila belum tertulis. Tujuan tertulis terbaik adalah yang juta berisi rencana tindakan tertulis.

Setiap kehidupan akan menjadi luar biasa jika individunya menentukan satu tujuan atau beberapa tujuan yang benar-benar diyakini, dimana mereka dapat memberikan komitmen penuh, dimana mereka dapat memberikan seluruh hati dan jiwa mereka.

Seorang manusia tanpa tujuan besar yang pasti, tak berdaya ibarat sebuah kapal tanpa kemudi.

Mereka yang berkata bahwa hidup itu tidak berharga, sebenarnya berkata bahwa mereka tidak memiliki tujuan kehidupan pribadi yang berharga. Miliki suatu tujuan kehidupan yang berharga untuk diperjuangkan. Lebih baik lagi, carilah suatu proyek untuk diri Anda. Selalu miliki sesuatu yang Anda tunggu, untuk Anda harapkan dan perjuangkan.

Mendakilah setinggi-tingginya, mendakilah sejauh-jauhnya. Tujuan Anda adalah langit, tujuan Anda adalah bintang-bintang.

Manusia yang lebih berhasil dibanding yang lain adalah orang yang lebih dahulu dalam kehidupan, dengan jelas membedakan obyeknya dan memiliki kebiasaan mengarahkan kekuatannya menuju obyek tersebut. Bahkan tak lain dari pengamatan yang baik, yang diperkuat dengan kepastian tujuan. Setiap orang yang mengamati dengan seksama dan memutuskan dengan cepat akan tumbuh menjadi jenius tanpa disadarinya.

Kita harus peduli pada orang lain. Itulah tujuan hidup. Semakin kita peduli pada orang lain, semakin kita mengembangkan diri kita, berkembang hingga kita menjadi satu dengan segalanya, dan kita menjadi Budha. Semakin Anda peduli pada diri sendiri, semakin sempit jadinya Anda.

Follow instagram@katamutiara